Minggu, 15 Januari 2012

TESTIMONI


Welcome Semester 7…. :)
Gak terasa, sudah cukup lama juga kuliah di Fakultas Psikologi tercinta ini, hehe..

Di semester ini tidak begitu banyak mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan yang diambil, dan salah satu mata kuliah pilihan yang saya ambil adalah Bimbingan dan Konseling (BK). Kenapa mau mengambil mata kuliah ini? Jawabannya adalah karena saya tertarik dengan Psikologi Pendidikan dan salah satu mata kuliah pilihannya adalah Bimbingan dan Konseling ini, selain itu, saya tidak tertarik dengan mata kuliah pilihan lain yang ditawarkan di semester ini. Selain itu dosen pengampunya juga baik.

Hari pertama kuliah di kelas BK, kami melakukan suatu diskusi kelompok untuk membahas apa itu bimbingan dan konseling, unsur-unsur pokok dalam bimbingan, syarat-syarat terjadinya konseling yang baik, asas-asas dalam BK, dan kesalahpahaman dalam BK. Tugas tersebut juga akan dipresentasikan dan didiskusikan di kelas. Hm… awal yang baik untuk memahami apa itu Bimbingan dan Konseling.

Pada perkuliahan selanjutnya, ternyata dosen pengampu sebelumnya pergi ke luar kota untuk suatu kegiatan dan itu akan berlangsung selama beberapa bulan, untuk itu, maka dosen pengampu mata kuliah ini diganti. Dosen baru, metode baru. Bersama dosen baru, kami juga memiliki cara pandang yang baru terhadap mata kuliah ini. Metode penyampaian materi secara kelompok secara klasik yang awalnya sedikit membosankan, ditambah lagi dengan jam kuliah yang sore, membuat kami termasuk saya menjadi kurang semangat dalam menjalani perkuliahan. Namun dosen baru memiliki cara yang menurut saya sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar saya dalam mengikuti mata kuliah BK ini.

Beberapa metode baru yang kami lakukan tentunya atas kesepakatan yang telah disetujui bersama antara lain, pengubahan posisi duduk saat perkuliahan berlangsung, jika biasanya posisi duduk biasa yang monoton, hingga beberapa baris ke belakang, kini susunannya dirubah sesuai dengan ide kelompok presenter. Ternyata hal ini membawa suasana belajar yang lebih nyaman menurut saya pribadi. Selain itu, kami juga pernah melakukan perkuliahan dengan system online, dimana kami melakukan conference dengan salah satu narasumber, seorang konselor online, beliau membuat suatu website mengenai bimbingan dan konseling. Kami melakukan diskusi dengan beliau, dan setiap mahasiswa bebas mengeluarkan pendapat dan juga sharing dengan beliau dan sesame mahasiswa. Kegiatan ini cukup menyenangkan karena saya juga baru pertama kalinya kuliah dengan system online seperti ini. Terdapat hal baru yang saya dapatkan, dan itu dapat menambah wawasan.

Tidak hanya itu, kelas mata kuliah BK juga pernah mendatangkan narasumber yang merupakan seorang konselor. Kak Ganda, begitu beliau kami sapa, juga merupakan salah satu alumni Fakultas Psikologi. Beliau banyak berbagi pengalamannya saat menjadi seorang konselor. Dari sharing hari itu kami mendapat banyak masukan dan jadi lebih dapat memahami bagaimana kondisi sebenarnya di lapangan dan tidak hanya berpatok pada teori yang terdapat di buku saja. 

Perkuliahn demi perkuliahan telah dilalui, kini tibalah saatnya untuk menguji sampai di mana pemahaman kami masing-masing saat mengikuti mata kuliah ini. Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan salah satu cara mengevaluasinya. UTS berlangsung cukup baik, kami diizinkan membuka buku dalam menjawab soal yang diberikan alias open book, namun tidak hanya open book saja, tapi open mind juga, hehe… Ternyata soal UAS tidak seperti yang saya bayangkan, namun semuanya dapat diatasi dengan baik. Saya sendiri merasa puas dengan hasil UTS saya, karena saya yakin, setiap usaha pasti akan membuahkan hasil, tidak sia-sia rasanya saya membaca buku BK setebal 900 sekian halaman yang monotan itu.

Setelah UAS selesai, perkuliahan kembali dimulai lagi, banyak tugas yang harus diselsaikan termasuk untuk mata kuliah ini. Ada sebuah tugas, yaitu membuat sebuah video mengenai berbagai jenis pendekatan dalam konseling. Setiap kelompok mendapatkan 2 jenis pendekatan dan pendekatan tersebut harus divideokan. Ada yang menjadi konselor dan konseli. Dalam melakukan tugas ini, kami melakukannya dengan cukup baik. Awalnya kami membuat naskahnya, latihan sebentar, lalu dimulailah proses syutingnya, hihihi…. Awalnya terdapat kendala dalam penyelesaian tugas ini, ternyata video yang kami buat tidak bisa dilihat seluruhnya saat dikirimkan ke komting, hal tersebut dikarenakan size video yang terlalu besar, namun hal tersebut dapat diatasi dan tugas kami pun terkumpul dengan manis. Video tersebut ditampilkan secara acak di kelas dan kelompok yang bersangkutan akan maju dan menjelaskan video yang telah mereka buat. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, namun kami sudah berusaha dengan maksimal.

Selain itu, terdapat lagi tugas observasi dan wawancara dengan guru BK di sekolah. Dalam hal ini awalnya kami memilih SMAN 1 Medan, namun ternyata pihak sekolah tidak mengizinkan hingga akhirnya kami pindah lokasi ke SMPN 30 Medan. Proses observasi dan wawancara yang terjadi cukup baik, kami juga melakukan pembagian tugas dengan cukup jelas. Hingga tugas tersebut dapat terkumpul tepat waktu. Nilai tugas tersebut juga telah diberitahu di grup facebook mata kuliah BK. Ternyata hasil yang diperoleh kelompok kami masih kurang memuaskan. Di perkuliahan terakhir sebelum UAS, setiap kelompok dipanggil untuk berdiskusi dengan dosen mengenai hasil tugas mereka. Dosen menanyakan banyak hal mengenai tugas tersebut seperti kendala, pendapat mengenai tugas tersebut, dan juga bagaimana proses yang sedang berlangsung itu. Kami menjawab semua pertanyaan yang diajukan dosen semaksimal mungkin. Di akhir perkuliahan dosen meminta pendapat kami mengenai bentuk UAS, karena kami semua masih binguung dan belun satu suara, maka diskusi dan pemberitahuan selanjutnya akan diiberikan di grup facebook mata kuliah BK.

Akhirnya, didapatkanlah sebuah keputusan bahwa UAS mata kuliah BK akan dilakukan secara online. Ini merupakan pertama kalinya saya mengikuti ujian dengan system online. Tentu saja saya dan teman-teman yang lain setuju. Dalam pengerjaan ujian online ini kami diharuskan membuat sebuag dokumen dengan judul UAS 2011/2012 yang nantinya akan dikomentari soal ujian oleh dosen pengampu. Jumlah soal yang diberikan ada 3, dan soal selanjutnya baru akan diberikan setelah soal pertama selesai di jawab. Walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pengerjaan soal ini, seperti, dalam pengerjaan soal pertama, saya tidak mengetahui jika soal pertama tersebut sudah diposting, dan saya juga tidak online seharian, saat iseng membuka blog, ternyata soalnya sudah ada, jadilah saya gelagapan menjawab soal pertama karena batas waktunya tinggal sebentar lagi. Soal itu juga saya jawab bersamman dengan diskusi mata kuliah lain. Di soal kedua, saya mengalami kendala dengan blog saya yang tidak bisa dikomen, jadilah saya minta bantuan teman saya untuk membuka blog saya dan memberikan komentar/jawaban soal yang sudah saya kirimkan ke emailnya. Dam di soal yang ketiga, Alhamdulillah semuanya berjalan lancer hingga saya menuliskan testimony ini.

Secara keseluruhan saya merasa sangat senang mengikuti mata kuliah ini. Banyak wawasan, pengalaman dan hal baru yang saya dapatkan dalam perkuliahan ini. System perkuliahan dengan cara yang sedikit berbeda seperti dari metode penyampaian materinya, pembuatan grup mata kuliah di facebook, hingga pembuatan blog pribadi juga menurut saya sangat efektif dalam menambah motivasi mengikuti mata kuliah ini. Penyampaian nilai yang transparan dan juga adanya forum untuk diskusi atau voting secara online, juga penyampaian informasi yang up to date membuat saya menyenangi mata kuliah ini. Dosen pengampu mata kuliah ini juga sangat baik dan humanis menurut saya dalam mengampu mata kuliah ini,walaupun terkadang kami mahasiswanya suka membuat beliau kesal, maafkan kami yah bu’…. 

Akhir kata, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada dosen pengampu mata kuliah ini Ibu Filia Dina Anggraeni, yang telah banyak memberikan ilmu dan juga hal baru bagi saya, juga kepada teman-teman kelompok yang telah bekerjasama dengan baik dalam setiap tugas juga teman-teman sesama kelas BK yang selalu meramaikan kelas. Harapan saya ke depannya, semoga mata kuliah ini semakin baik dalam system pengajarannnya, semoga adik-adik kelas nanti juga dapat merasakan sensasi kelas mata kuliah Bimbingan dan Konseling ini. Dan semoga segala sesuatu yang saya dapat dari mata kuliah ini dapat menjadi pembelajaran dan nantinya dapat berguna bagi saya pribadi maupun bagi orang lain.

I Love BK… ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar